Kamis, 23 Mei 2013

Bersama membenahi jalan lingkungan kita

Jl. Kenanga V setelah di aspal
Kita tentunya menginginkan jalanan kita, lingkungan kita, terlihat  asri, aman tentram indah. Semua orang pasti sepakat dengan hal tersebut, dan saya yakin semua orang mendambakannya. Lingkungan yang asri membuat kita yang menghuni rumah ini semakin tentram, nyaman, dan teduh. Dengan jalanan yang bagus dan mulus membuat kita yang melewatinya terasa enak, berkendara terasa enak, anak-anak kita yang bermain dijalanan terasa enak, bisa bermain sepeda dengan enak, bisa bersepatu roda dengan enak dsb.

Nah, untuk mewujudkannya, saya yakin, setiap warga pasti ingin mewujudkannya, kalau perlu segera, bulan ini juga, minggu ini juga, hari ini juga, jam ini, juga, menit ini juga, detik ini juga. Andaikan semua bisa didapatkan dengan gratis, pasti ingin segera. Tapi apa boleh buat, komplek kita belum diserahkan ke PEMDA, sehingga tidak bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah. Kita harus swadaya untuk mewujudkannya.

Ketika kita ingin mewujudkannya, tentunya harus bersama-sama, sama sama dipikul, sama-sama dirancang, dsb. Ketika terasa berat kalau harus menanggung sendirian pengaspalan jalan, maka dengan kolektif dibagi per KK maka hal itu akan lebih ringan. Untuk bisa mewujudkannya, memang harus ada yang memulai, harus ada yang menginisiasi. Tidak semua orang mampu memulai, tidak semua orang mampu menginisiasi, dan tidak semua orang mampu mengorganisir.

Orang yang tergabung dalam kelompok pionir, penggagas dsb, butuh pengorbanan lebih, baik tenaga, waktu, pikiran, uang bahkan perasaan. Tak jarang panitia dicurigai memperoleh sesuatu dari pengaspalan jalan ini. Ada beberapa reaksi dari warga terhadap pengaspalan ini : Reaksi-reaksi tersebut adalah sbb :
- Mendukung, dan terlibat aktif dalam kepanitiaan
- Mendukung, tetapi tidak mau terlibat dalam kepanitiaan (pokoknya ikut saja, terserah panitia)
- Mendukung tetapi tidak mau keluar biaya
- Menolak

Dibutuhkan kearifan bagi panitia untuk menyesuaian keadaan seperti ini, dengan kesabaran dan pengorbanan, akhirnya pengaspalan jalan Kenanga V berhasil juga, walaupun sepat terjadi friksi-friksi kecil, kesalah pahaman dsb. Bahkan tercipta kebersamaan setelah friksi-friksi tersebut berhasil diatasi.

Semoga kebersamaan ini tetap terjalin.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Mhn maaf pak,
Jika ada informasi tanah or rmh kosong asli yg mau dijual.
Sy minta bantuan utk diinformasikan ke 081283598963.
Terima kasih.

Unknown mengatakan...

Mhn maaf pak,
Jika ada informasi tanah or rmh kosong asli yg mau dijual.
Sy minta bantuan utk diinformasikan ke 081283598963.
Terima kasih.

Anonim mengatakan...

Jln apa

Anonim mengatakan...

Jln apa